Ada banyak contoh ice breaker dan brainstorming yang ditampilkan dalam buku ini. Ada beberapa materi yang lebih bermanfaat bagi Anda dibanding bagi orang lain, tergantung pada pengalaman dan pekerjaan Anda. Anda tidak perlu membaca buku ini secara keseluruhan sekaligus. Pilihlah satu atau dua bab yang paling relevan bagi Anda sekarang. Baca, serap, dan yang terpenting, terapkan beberapa ide baru. Jika Anda merenungkannya, bukankah memang itu yang kita harap untuk dilakukan oleh para peserta diklat atau workshop kita? Kami berharap, sebagai hasil dari menerapkan beberapa tips berikut, program yang Anda sampaikan akan menjadi lebih berguna bagi Anda dan juga peserta Anda.
Belajar melalui pengalaman dapat membuat peserta pelatihan lebih aktif, fokus, dan produktif. Pengalaman diperoleh dengan media permainan. Permainan diyakini dapat memfasilitasi proses belajar dengan cara yang inovatif. Melalui permainan, peserta pelatihan lebih mudah menyerap dan mengingat pengetahuan yang diterimanya karena mereka mengalami langsung hal tersebut.
Suatu permainan hendaknya tidak hanya sekadar menciptakan suasana gembira, tapi juga memberikan makna bagi peserta. Karenanya jenis permainan menjadi hal yang sangat penting. Salah memilih permainan tidak hanya menyebabkan sasaran tidak tercapai tapi juga dapat mendemotivasi peserta pelatihan karena kegiatan terasa “garing” dan tak terarah.
Ulasan
Belum ada ulasan.